Selasa, 18 April 2017

TIPS CARA GANTI PASSWORD WIFI FIRSTMEDIA MELALUI SETTING WIFI


By on 22.45

TIPS CARA GANTI PASSWORD WIFI FIRSTMEDIA MELALUI SETTING WIFI

First media info


Bagi Anda yang masih belum faham ketika ingin mengganti nama ID dan password WiFi di modem First Media, berikut ini adalah INFORMASI nya;


  • Sambung modem Wi-Fi First Media dengan kabel LAN yang sudah disediakan di dalam paket (kotak) modem.

  • Buka aplikasi browser internet di PC Anda, lalu ketikkan angka ini: 192.168.0.1 di kolom alamat web di browser Anda

  • Akan muncul halaman web yang berisi kolom "username" dan "password", kosongkan saja, lalu langsung klik login.

  • Kemudian apabila muncul tulisan "new password", abaikan saja lalu klik "Back" kemudian muncul menu navigasi pilih "Setup", lalu klik "Wireless", dan cari pilihan "Basic", akan ada kolom SSID (*penjelasannya di bawah), itu adalah nama WiFi Anda, silakan ganti sesuai dengan yg Anda inginkan lalu klik "Apply" untuk menyimpannya.

  • Untuk mengganti password-nya, kembali ke "Setup", lalu klik "Security", akan muncul tulisan "WPA2 Free Wireless" dan ganti password lama Anda dengan yg baru, kemudian klik "Apply".



Selesai, Password dan nama WiFi FirstMedia Anda sudah berhasil di ganti.
Demikian cara ganti nama WiFi dan Password First Media.

Penjelasan tentang SSID adalah sebagai berikut:


Apa itu SSID ?



Dalam jaringan komputer, yang dimaksud dengan "service set" adalah sebuah set yang terdiri dari seluruh perangkat yg di asosiasikan dengan sebuah jaringan area lokal nirkabel (Wireless Local Area Network / WLAN) IEEE 802.11 baik versi consumer (perseorangan) maupun enterprise (perusahaan). Layanan set ini bisa jadi hanya lokal, terpisah, diperpanjang, ataupun tergabung.

Service Set memiliki sebuah pengenal yg diasosiasikan, bernama Service Set Identifier (SSID), terdiri dari 32 octets dan seringkali berisi pengenal yg dapat dibaca dan dikenali oleh manusia, dari jaringan tersebut.

Semua wireless gateway memiliki nama jaringan WiFi (SSID / Service Set IDentifier) tertentu yg unik beserta dengan Password WiFi (Network Key).

Anda akan membutuhkan informasi ini untuk menghubungkan perangkat yg mendukung WiFi pada jaringan rumahan aman (secure home network) milik Anda.
Anda bisa menemukan nama default  WiFi Network (SSID) dan password WiFi (Network Key) pada label yang tertera di bagian samping atau panel bawah perangkat modem Anda.
(Label ini berbeda-beda tergantung dari jenis dan model wireless gateway yang digunakan.)

Cara menemukan dan mengubah nama Jaringan Gateway Nirkabel / Wireless Gateway Network (SSID) dan Password (Network Key / pengunci jaringan) biasanya adalah dengan menggunakan sebuah PC dan menghubungkan PC Anda dengan jaringan internet darimodem. Lalu buka sebuah web browser untuk masuk ke Admin Tool (http://192.168.0.1) - ini adalah situs administrasi wireless gateway.

Konfigurasi default biasanya adalah: Username: admin Password: password (ini "case-sensitive" sehingga perhatikan CAPS LOCK apakah menyala atau tidak) lalu klik LOGIN.

Apabila Anda sudah pernah mengganti password login di situs administrasi jaringan Wireless Gateway ini, maka Anda akan membutuhkan informasi login yg terakhir digunakan.

Sayangnya jika Anda tidak ingat password Admin Tool tersebut, maka Anda terpaksa harus melakukan factory reset di wireless gateway. Instruksi
untuk melakukan Factory Reset bisa Anda dapatkan dengan menghubungi operator jaringan internet yg Anda gunakan, atau panggil teknisi ke rumah untuk pilihan yang lebih mudah.
* Selamat Mencoba....






About The Blogger

"Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka), dan janganlah mereka seperti orang-orang yang sebelumnya telah diturunkan Al Kitab kepadanya, kemudian berlalulah masa yang panjang atas mereka lalu hati mereka menjadi keras. Dan kebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang fasik." (QS. Al Hadid 57 : 16)

0 komentar:

Posting Komentar